Posted by : indra Senin, 18 Juni 2012

saat ini penderita penyakit mata sudah terlalu meluas di dunia. banyak pula mereka yang akhirnya meninggal dunia karena penyakit tersebut. salah satu penyebab mata kita rusak adalah berlama-lama di depan laptop atau komputer. hanya dengan melihat cahaya komputer yang agak terang mata kita akan capat rusak dan lelah, jika hal ini terus dilanjutkan maka akan berdampak pada mata kita. secara garis kecil beberapa penyakit yang timbul dari hal ini adalah penyakit mata yang permanen seperti miopi(rabun jauh), hipermetropi , presbiopi(rabun dekat), silinder, serta astigmatisma.
saat ini pernderita cacat pada mata sangat sering terjadi kapada anak-anak, karena kemajuan teknologi yang sangat maju. kebanyakaan anak-anak lebih suka bermain didepan komputer dari pada membaca buku atau melalukan suatu yang lain. survey yang telah saya lakukan bahwa 79% anak di Indonesia mengalami cacat pada mata karena kebanyakan terlalu lama di depan komputer. oleh karena itu saya anjurkan kepada orang tua agar selalu mengawasi keadaan anak saat bermain komputer dan bagi anak-anak boleh saja anda bermain terlalu lama di depan komputer. akan tetapi anda harus mengikuti etika yang baik agar bermain di komputer. Etika-etika tersebut adalah sebagai berikut:

A.     MENGGUNAKAN KOMPUTER DENGAN POSISI DUDUK YANG BENAR.
1    .      Kepala dan Leher
Aturan agar  posisi kepala dan leher tegak dengan pandangan lurus kedepan.karena dengan posisi ini kita akan dapat senggup bertahan lebih lama di depan computer.

2   .      Bagian Punggung
Duduk dengan punggung yang tegak dengan rileks saat menggunakan computer.apabila terlalu miring atau bungkuk maka akan terasa sakit.

3   .      Bagian Pundak
Aturlah posisi pundak sedemikian rupa agar otot-otot pundak tidak tegang.usakan agar tidak terlalu ke bawah atau terlalu tegak.

4   .      Posisi lengan dan siku
Posisi lengan yng baik adalah berada di samping badan dan siku mmbentuk sudut lebih besar dari 90 derajat.




5   .      Bagian kaki
Gunakan sandaran kaki atau footrest sehingga tungkai barada dalam posis yang nyaman dan siku emenbentuk sudut tidak kurang dari 90 derajat.
B.      MEMPERHATIKAN PENGGUNAAN PERANGKAT KERAS
1.      Monitor
Monitor computer pada umumnya menggunakan tabung gambar (CRT) yang dapat  memancarkan intensitas cahaya cukup tinggi untuk diterima oleh mata manusia.untuk mengurangi keluhan pada mata,ada beberapa hal yaitu:
·           Letakan monitor sedemikian rupa diruangan agar monitor dapat memancarkan cahayanya & lebih rendah dari garis horizontal mata.
·           Aturlah cahaya monitor agar tidak terlalu terang atau gelap.
·           Sering-seringlah mengedipkan mata untuk menjaga mata agar tidak kering.sesekali memandang jauh ke luar ruangan.
2.      CPU ( Central Processinng Unit )
Bagian dari perangkat komputee ini tidak boleh langsung bersentuhan dengan tangan (basah) karena aliran listrik yang ada pada CPU dapat menyengat manusia.

3.      Kabel monitor
Bagian dari perangkat computer ini harus di hindari dari air,Karena dapat menyebabkan hubungan singkat (konsleting) atau malah bisa mendjadi kebakaran.untuk itu kita harus mengatur kabel-kabel listrik sedemikian rupa agar terhindar dari sengatan listrik.

4.      Keyboard
Penelitian menunjukan bahwa posisi keyboard merupakan selah satu penyebab nyeri otot dan persendian.jauhkan tumpahan air pada keyboard karena dapat menyebabkan kerusakan pada keyboard.

{ 14 tanggapan... read them below or Comment }

  1. padahal aku tiap hari main komputer...:D

    sekalian promosi : http://animefree4you.blogspot.com/

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah,jadinya mata kamu minus kan.karena kebanyakan main kamu jov.:D

      Hapus
  2. kak, kalau waktu yang baik paling lama berapa jam? sebab saya sering banget main game lebih dari 3 jam.:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. waduh dek,yang baik itu paling lama 1-1,5 jam dan setelah itu lebih baik istirahat.hati-hati ya dek kalau sampai 3 jam bisa membuat mata rusak ya.:)

      Hapus
    2. iya kak.makasih infonya, saya juga mengurangi lama di depan komputer mas. :)

      Hapus
    3. bagus dek kalau begitu, selamat menikmati. :D

      Hapus
  3. Wah...wah...
    lw Q sc tiap hari krang lbih 8 jam ddpan kompter.
    pgel sc, tpi gmn lgi...dc krja_an

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau sudah kewajiban,iya pasti diselangi buwat beristirahat kan mata sejenak.:)

      Hapus
  4. materinya bgs sob n jgn lupa kunjungi my blog follow n like jga at http://aanborneo.blogspot.com/
    trims...slm knl... :)

    BalasHapus
  5. huft,, sayang banget kerjaan ku siang malam di depan komputer,, :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya diselingi istirahat yang cukup,emang kerjaan anda apa??:)

      Hapus

SESUDAH BACA,TOLONG DI KOMENTAR!!
AFTER READING,THE COMMENTARY!!

Welcome to My Blog

Popular Post

bacalah dari apa yang kalian inginkan.tapi janganlah menjadi PLAGIAT, bila anda tidak ingin di disamakan seperti Anjing liar yang menghembuskan sebuah tulang.ingatlah hargai ciptaan orang lain.

STATISTIK

Diberdayakan oleh Blogger.

Translate

Pengikut

Blogger news

Blogger templates

Social Profiles

  • Cari Di Ini

    - Copyright © 2013 Indraa Cahya N :) -Dark Amaterasu Template- Design by YONDARKNESS -Original by Blog Johanes-